Persiapan Ujian Kelas 10
Salam
jumpa untuk kalian disana,
Berikut
ini saya berikan contoh latihan soal yang akan diujikan untuk Penilaian Akhir
Tahun yang akan dilaksanakan mulai Senin, 2 Juni 2020. Agak berbeda dibanding
yang biasanya, untuk latihan ini akan saya berikan materi yang diujikan lalu
ada penerapan latihan soalnya baik untuk Pilihan Ganda maupun uraian dan
sedikit penjelasan soal tersebut. Yuk kita simak,
- Jelaskan arti mukjizat dan perumpamaan!
A. Makna
dari perumpamaan adalah...
a. tindakan
luar biasa, karya Allah yang menyelamatkan
b. perbandingan
dari hidup sehari-hari untuk mengajarkan kebenaran rohani
c. suatu
ajaran baru yang berakar dari adat istiadat orang Yahudi
d. penerusan
ajaran melalui cerita-cerita lisan
e. Kerajaan
Alllah yang hadir ditujukan untuk semua orang
B.
Jelaskan makna dari mukjizat-mukjizat
yang dibuat Yesus dalam mewartakan Kerajaan Allah!
Untuk nomor 1 ini kalian bisa lihat di
poin A dan B, bahwa materi tentang mukjizat dan perumpamaan bisa dijadikan soal
uraian dan soal pilihan ganda. Untuk soal poin A, membahas mengenai makna
perumpamaan yang dilakukan Yesus. Silakan cek di buku cetak kalian atau
powerpoint yang saya bagikan, disitu ada pembahasan mengenai makna perumpamaan.
Jawaban dari poin A tersebut adalah (b)
mengapa? Karena perumpamaan Yesus adalah cerita lisan yang diambil atau
diangkat dari kenyataan hidup sehari-hari umat Israel lalu dikaitkan dengan
kebenaran rohani dari ajaran Allah Bapa. Nah, jangan terkecoh dengan opsi (d)
karena sepintas mirip ada makna cerita lisan yang diajarkan terus-menerus. Perumpamaan
bukan sekadar cerita lisan saja namun ada makna ajaran Yesus didalam cerita
tersebut dan Yesus menggunakan
perumpamaan karena jaman itu banyak umat yang tidak bisa baca tulis sehingga
cerita menjadi metode yang ampuh untuk menyampaikan ajaran Kerajaan Allah.
Lalu poin B kalian diminta untuk
menjelaskan makna dari mukjizat-mukjizat Yesus dalam mewartakan Allah. Nah ini
adalah soal uraian, jadi kalian harus menguraikan apa saja makna Yesus membuat
mukjizat. Poinnya yaitu, Yesus melakukan mukjizat untuk mewartakan
Kerajaan Allah bukan mencari ketenaran, mukjizat Yesus ditujukan untuk orang
miskin dan menderita, mukjizat Yesus punya arti Mesianis bahwa Yesus adalah
Mesias penyelamat, mukjizat Yesus menunjukkan bahwa Allah mau solider dengan
manusia (dirangkum dari buku cetak hal. 109-110). Dari poin-poin
jawaban tersebut kalian bisa menjelaskan dengan kalimat atau bahasa kalian
sendiri, tentu saja yang namanya uraian tidak hanya 1 baris jawaban saja
2. Sebutkan contoh mukjizat dan
perumpamaan!
3. Jelaskan arti Kerajaan Allah yang dibawa
oleh Yesus!
Jika Kerajaan Allah sudah
terwujud, maka terwujud pula....
a. sukacita,
kebenaran, intoleransi
b. kebenaran,
sukacita, damai sejahtera
c. subyektif,
kebenaran, sukacita
d. kebenaran,
damai sejahtera, legalisme
e. sukacita,
individualisme, damai sejahtera
Untuk
materi no 3 ini, kalian diminta untuk menjelaskan mengenai arti Kerajaan Allah
yang dibawa oleh Yesus. Wujud soalnya bisa kalian lihat dalam contoh diatas
yaitu soal pilihan ganda, hal yang menyertai terwujudnya Kerajaan Alllah
yaitu... Jawabannya adalah (b),
mengapa? Kalian pahami terlebih dahulu makna Kerajaan Allah yang dibawa oleh
Yesus 2000 tahun yang lalu, bahwa Kerajaan Allah bukan menunjuk kepada satu
lokasi/pemimpin secara duniawi namun Kerajaan Allah adalah sebuah perubahan
dalam hati (diri) manusia agar siap menerima ajaran baru dari Yesus (lihat lagi
powerpointnya/buku cetak
hal.103-104). Maka dari opsi jawaban di soal, dengan terwujudnya Kerajaan
Allah maka terwujud pula sukacita, kebenaran, damai sejahtera. Opsi jawaban
lainnya ada kemiripan jawaban tapi kalian harus jeli bahwa ada sikap yang tidak
sesuai dengan makna perubahan hati manusia yang siap untuk mengasihi sebagai
wujud kasih Yesus yaitu intoleransi, subyektif, legalisme, individualisme.
4. Jelaskan
mengenai makna wafat, sengsara dan kebangkitan Yesus!
A.
Perhatikan gambar berikut ini!
Dari gambar tersebut, makna yang bisa diambil adalah
...
- wafat
Yesus sebagai tanda solidaritas-Nya kepada manusia
- Yesus
ingin mencari sensasi dan ketenaran
- hukuman
mati disalib merupakan kutukan dari Allah
- wafat
Yesus sebagai akhir dari segalanya
- membuktikan
bahwa Yesus terbebas dari tuduhan-tuduhan imam kepala
B.
Sebutkan 10 contoh tindakan berkorban yang bisa
dilakukan kaum muda dalam meneladani semangat pengorbanan Yesus!
C.
Jelaskan makna dari sengsara, wafat dan
kebangkitan Yesus bagi umat Kristiani!
Untuk materi no
4 ini agak istimewa karena contoh soalnya lumayan banyak yang bisa dijadikan
pilihan ganda maupun uraian. Kita mulai dari poin A, disitu ada gambar Yesus
setelah wafat di kayu salib lalu kalian diminta menjawab apa makna gambar
tersebut sesuai dengan pilihan jawabannya. Jawabannya adalah (a) mengapa? Disitu jelas maksudnya
dari gambar bahwa wafat Yesus sebagai bentuk solidaritas Yesus kepada manusia,
karena Yesus sudah ditugaskan oleh Allah bahwa Yesus harus menyelamatkan
manusia dengan cara wafat di kayu salib (lihat powerpoint dan penjelasan di
buku cetak hal. 124).
Untuk pertanyaan
poin B, ini sesuai dengan apa yang pernah kalian kerjakan di latihan soal LK,
bahwa kalian menuliskan wujud pengorbanan yang bisa kalian lakukan sebagai kaum
muda dalam meneladani semangat pengorbanan Yesus. Misalnya, menunda bepergian
bersama keluarga untuk persiapan belajar. Itu satu bentuk pengorbanan waktu
bersenang-senang karena ada tugas wajib yang harus dikerjakan yaitu belajar.
Contoh lainnya bisa kalian sebutkan sesuai pengalaman kalian.
Untuk poin C
soalnya berupa uraian jadi kalian harus menjelaskan apa makna sengsara, wafat
dan kebangkitan Yesus bagi umat Kristiani. Poin jawabannya adalah, sengsara dan wafat Yesus
sebagai konsekuensi pewartaan Yesus, tanda ketaatan dan kesetiaan Yesus kepada
Allah, sebagai bentuk solidaritas kepada manusia, menunjukkan tanda kasih Allah
serta menyelamatkan manusia. Kebangkitan Yesus sendiri mengesahkan apa yang
sudah diajarkan-Nya, membuktikan terpenuhinya nubuat Perjanjian Lama,
membuktikan ke-Allah-an Yesus. (lihat lagi powerpoint dan buku cetak hal. 122-126)
5. Jelaskan alasannya mengapa Yesus bisa
dijadikan sebagai sahabat dan tokoh idola!
A. Apakah
Yesus dapat dijadikan idola kaum remaja? Jelaskan jawabanmu!
B. Sebutkanlah ciri-ciri kepribadian-Nya yang dapat diteladani oleh kaum
remaja!
Untuk materi no 5 ini bentuk
soalnya berupa soal uraian, poin A kalian diminta untuk menguraikan alasannya
mengapa Yesus bisa dijadikan idola kaum remaja. Ini jawaban reflektif pribadi
dan kalian harus membaca memahami materi Yesus sebagai tokoh idola secara
keseluruhan sehingga nanti bisa menjawab soal reflektif ini. Poinnya adalah, kedekatan Yesus dengan
sesama, tidak pernah membeda-bedakan siapapun, membela kebenaran dan keadilan
secara konsekuen, sungguh-sungguh beriman (lihat powerpoint dan buku cetak hal. 130-133). Sama halnya dengan poin B,
jawaban yang diminta ada keterkaitan dengan jawaban poin A. Intinya kalian
harus menjelaskan mengapa Yesus bisa dijadikan sebagai tokoh idola bila
dibandingkan dengan artis, atlit, public
figure lainnya.
6. Sebutkan sikap yang seharusnya dilakukan sesuai paham Kerajaan Allah dilihat dari kekuasaan, solidaritas, harta dan status sosial.
7. Jelaskan mengenai sifat Tradisi dan contoh Tradisi dalam Gereja Katolik!
Yang merupakan contoh Tradisi
resmi Gereja adalah...
A. 
B. 
C. 
D. 
E. 
Dalam materi no 7 ini, contoh
soalnya berupa soal pilihan ganda dengan opsi gambar. Materinya berbicara mengenai
mengenai contoh Tradisi Gereja Katolik, hanya saja disajikan gambar-gambar.
Jawabannya adalah (d) mengapa? Dalam
soal ditanyakan mengenai Tradisi resmi Gereja, nah tradisi resmi Gereja adalah Kitab
Suci, Sakramen, Aku Percaya (Syahadat Para Rasul), Magisterium dan Liturgi.
Opsi (d) adalah bentuk sakramen tobat maka itu yang menjadi jawabannya,
disini butuh kecermatan dalam menerjemahkan gambar karena ada kemiripan gambar
yang menjelaskan tentang Tradisi (lihat lagi powerpoint dan buku cetak hal. 93-95)
8. Jelaskan mengenai unsur pokok penampakan Yesus!
9. Sebutkan tindakan-tindakan Yesus terhadap orang miskin dan pendosa!
10. Jelaskan bagaimana seharusnya tindakan yang dilakukan terhadap tokoh idola!
11. Jelaskan alasannya mengapa perlu membaca sabda Tuhan dalam Kitab Suci!
Berikut ini merupakan beberapa
alasan mengapa perlu membaca dan mendalami Sabda Tuhan dalam Kitab Suci,
kecuali...
a. Kitab
Suci tidak ditulis dalam bahasa yang dimengerti manusia.
b. tidak
membaca Kitab Suci maka tidak mengenal Kristus.
c. Kitab
Suci merupakan buku iman Gereja.
d. iman
akan tumbuh dan berkembang dengan membaca Kitab Suci.
e. Kitab
Suci mendekatkan diri dengan saudara-saudara dari Gereja Kristen yang lain.
Untuk materi no 11, contoh
soalnya adalah pilihan ganda mengenai materi Kitab Suci yaitu mengapa perlu
membaca sabda Tuhan dalam Kitab Suci dan yang ditanyakan dalam soal yang bukan
alasannya. Jawabannya adalah (a)
mengapa? Karena seperti yang lazim dalam agama-agama lain, bahwa Kitab
Suci pastilah dibuat dalam bahasa yang dimengerti dipahami manusia. Meski ada
juga agama-agama yang menggunakan bahasa lain tapi tetap saja ada terjemahan
sesuai dengan bahasa umat entah itu di Indonesia maupun di luar negeri,
maka kita harus paham juga mengenai alasannya mengapa perlu membaca sabda Tuhan
dalam Kitab Suci (lihat lagi powerpoint
dan buku cetak hal. 88)
12. Sebutkan situasi Israel saat kelahiran Yesus dari segi geografis, politik, keagamaan, ekonomi dan sosial budaya!
Para penganut
paham ini tidak suka bila Israel dijajah kaum kafir (Romawi) karena alasan
keagamaan. Maka mereka selalu berusaha memberontak untuk mengusir kaum penjajah
agar tidak ditindas kaum kafir. Paham ini dikembangkan oleh kaum ...
- Zelot
- Apokaliptik
- Para Rabi
- Eseni
- Saduki
Untuk no 12, ini materi yang berkaitan
dengan Kerajaan Allah, contoh soalnya berupa pilihan ganda dengan pertanyaan
mengenai kelompok sosial yang ada di Israel jaman Yesus hadir 2000 tahun lalu.
Opsi jawabannya ada zelot, apokaliptik, rabi, eseni, saduki dan jawaban yang
sesuai dengan pertanyaan tersebut adalah (a)
mengapa? Karena kelompok zelot adalah kelompok ultra nasionalis yang tidak
menginginkan adanya penjajah asing di Israel, mereka kerap mengadakan
perang dengan Romawi sehingga prinsip mereka yang nasionalis membuat keinginan
untuk merdeka sangat besar bahkan murid Yesus juga ada yang seorang zelot yaitu
Simon. Nah kalian harus membaca lagi materi di powerpoint maupun di buku cetak hal. 100-102 karena materi yang
menjadi soal bisa berkaitan dengan situasi Israel jaman Yesus.
13. Jelaskan mengenai kisah sengsara Yesus mulai dari di taman Getsemani hingga wafat di Golgota!
14. Sebutkan gelar-gelar yang dimiliki oleh Yesus!
15. Jelaskan alasannya mengapa Yesus ditangkap dan dijatuhi hukuman mati!
Berikut ini merupakan
peristiwa-peristiwa yang melatarbelakangi penangkapan Yesus hingga Yesus
dijatuhi hukuman mati, kecuali...
a. pemerintah
Romawi siap siaga mengantisipasi adanya pemberontakan
b. kecurigaan
terhadap gerak-gerik kaum Zelot untuk membebaskan Palestina
c. perayaan
Paskah Yahudi yang berpusat di Yerusalem
d. munculnya
Yudas dari Galilea sebagai Mesias yang dinubuatkan Nabi Yesaya
e. bangsa
Yahudi merayakan Hari Raya Pondok Daun
Untuk materi no 15, contoh
soalnya adalah pilihan ganda dengan pertanyaan mengenai apa yang bukan menjadi
alasan Yesus dijatuhi hukuman mati. Jawabannya adalah (e) mengapa? Karena hari raya pondok daun bukanlah hari
raya utama bagi umat Israel dan mereka tidak merayakannya di Yerusalem, bagi
umat Israel hari raya utama adalah Paskah saat mereka dibebaskan dari
perbudakan Mesir lalu sebisa mungkin dirayakan di Yerusalem sebagai pusat
perayaan (ada Bait Allah). Maka peristiwa yang menyertai penangkapan
Yesus utamanya adalah perayaan Paskah selain kecurigaan Romawi akan adanya
mesias palsu dan kewaspadaan jika ada pemberontakan (lihat lagi materi powerpoint dan buku cetak hal. 117-118)
16. Jelaskan mengenai proses penyusunan Kitab Suci Perjanjian Lama dan Baru!
A.
Pilihlah pernyataan yang tepat!
- kitab-kitab
Kebijaksanaan dikenal juga sebagai Pentateukh
- di
dalam Kitab Suci, kita akan menemukan rumusan syahadat singkat
- Yesus
selalu mencurahkan Roh Kudus sebagai bentuk penyertaan iman
- kitab
Wahyu berisi tentang sejarah perkembangan jemaat perdana
- Yesus
membuat mukjizat untuk mencari ketenaran dan sensasi
B.
Perhatikan nama-nama kitab berikut!
1.
Ezra 5.
Yoel
2.
Daniel 6.
Samuel
3.
Yunus 7.
Makabe
4.
Nehemia 8.
Ayub
Dari
nama-nama kitab tersebut, yang termasuk dalam kelompok Kitab-kitab Sejarah adalah ...
a. 1, 3, 5,
7
b. 2, 4, 6,
8
c. 1, 2, 3,
4
d. 1, 4, 6, 7
e. 1, 4, 5, 8
Untuk materi no 16, contoh soalnya berupa
pilihan ganda mengenai Kitab Suci. Poin A kalian harus memilih pernyataan yang
sesuai dengan materi Kitab Suci, Tradisi dan Kerajaan Allah dari opsi jawaban
yang ada. Jawabannya adalah (c)
mengapa? Karena Yesus meskipun sudah wafat dan naik ke surga, akan selalu
memberikan Roh Kudus untuk umat yang percaya kepada-Nya sebagai tanda
penyertaan iman. Opsi jawaban a, b, d, e adalah jawaban yang
keliru/tidak tepat, kalian bisa baca lagi materinya di powerpoint maupun di
buku cetak hal. 126.
Poin B ini membutuhkan kejelian
dan pemahaman kalian akan materi Kitab Suci Perjanjian Lama yaitu kalian
disajikan data-data kitab lalu kalian harus memilih mana saja yang termasuk
dalam kelompok kitab sejarah. Jawabannya adalah (d) mengapa? Sudah jelas bahwa kelompok kitab sejarah ada 16 kitab yang
menceritakan mengenai perjalanan bangsa Israel setelah mengalami perbudakan
Mesir hingga periode kerajaan. Hati-hati ada nama kitab yang mirip
seperti Daniel dan Nehemia sehingga akan terkecoh seperti nama nabi jaman
dahulu. (lihat lagi materinya di powerpoint
atau buku cetak hal.77)
17. Jelaskan mengenai makna perikop Yohanes 15:12-17!
18. Sebutkan sikap-sikap yang mendukung persahabatan!
Dalam kisah tentang burung angsa,
makna persahabatan yang bisa kita tiru adalah...
a. seorang
sahabat selalu ada tidak hanya disaat senang namun juga dikala susah.
b. ingin
mencapai kesuksesan hanya untuk diri sendiri saja.
c. berkompetisi
dengan menghalalkan segala cara.
d. mau
berkorban untuk sahabat namun harus ada imbalan tertentu.
e. mengkritik
sahabat bukan untuk kebaikannya tapi karena dia pantas dikritik.
Untuk materi no 18, contoh soalnya
adalah pilihan ganda dengan pertanyaan mengenai makna persahabatan berdasarkan
kisah burung angsa di powerpoint.
Jawabannya adalah (a) mengapa?
Karena jika kalian lihat lagi kisah burung angsa tersebut, persahabatan saling
mendukung dan membantu sama lain tanpa melihat imbalan atau maksud tertentu. Seseorang
menjadikan dan dijadikan sahabat oleh sesamanya tentu agar bisa merasakan satu
sama lain, jika sahabatnya susah maka ikut membantu lalu jika sahabatnya senang
maka ikut bergembira. Bukan sebaliknya, sahabat senang ikut senang dan
sahabat susah malah tambah senang hehehehe...
Oke,
kalian sudah membaca nomer 1-18 materi-materi yang (kemungkinan) diujikan untuk
Penilaian Akhir Tahun (PAT) atau istilahnya ya ujian akhir lah. Beberapa
tambahan sebagai panduan umum dalam memahami materi dan latihan soal tersebut
adalah:
- Materi dan contoh soal diatas bukan
bentuk baku atau fix pake banget
soalnya akan sama persis. Tidak semua nomor ada contoh soalnya kan? Itu
disengaja agar kalian bisa memahami bahwa nomor diatas bisa jadi soal
pilihan ganda bisa jadi soal uraian, seperti yang saya ulang berkali-kali
sebelum ujian bahwa jangan MENGHAPAL
soalnya tapi PAHAMI
materi soalnya. Dengan kata lain kalian harus baca, baca, baca, baca dan
baca materi ujian terutama di semester 2. Nomor yang tidak ada contoh
soalnya mau ga mau membuat kalian harus membaca keseluruhan materi yang
dimaksud sehingga bentuk soalnya nanti dalam ujian bisa PG ataupun uraian.
- Menyambung diatas, bahwa bentuk
soal ada yang termasuk dalam kelompok soal HOTS (High Order Thinking Skill) atau bahasa sederhananya adalah
soal yang jawabannya ga bisa langsung ketemu di Google ataupun buka
materi. Jadi bener-bener soal pemahaman yang menggabungkan satu bahkan lebih
materi dan menjadi soal aplikasi dalam hidup sehari-hari.
- Manajemen waktu pribadi kalian
sangat dianjurkan agar digunakan sebaik mungkin dalam persiapan ujian ini,
apalagi kalian sudah sekitar 2 bulan ini tidak ke sekolah alias belajar
dirumah secara online maka,
belajarnya bukan SKS (sistem kebut semalaman). Tiap hari pelajari 1-2
materi (kalo sanggup lebih dari 2 materi di satu mapel) lalu istirahat
lalu lanjut belajar lagi dalam waktu 1-2 hari ini. Begadang tidak
disarankan karena justru akan bikin daya tubuh kalian lemah, udah jomblo
sakit pula (eh?) hahahahaha makanya waktu yang ada manfaatkan sebaik
mungkin.
- Karena sekarang mengerjakannya online alias pake agendasekolah.com
maka pengerjaan waktu harus pas alias time table mengerjakan antara
pilihan ganda dengan uraian harus seimbang. Kalo sebelumnya nilai
pilihan ganda 70% dan uraian 30% maka sekarang baik pilihan ganda dan
uraian sama-sama 50% nilainya. Juga waktu jadi penting apalagi jika kalian
harus upload jawaban maka
dilakukan 15 menit sebelum waktu berakhir di agendasekolah.com agar tidak
terkendala nge-lag karena server
penuh. (NB: Beberapa mapel meminta kalian untuk upload jawaban menggunakan kertas lalu difoto upload ke agendasekolah.com)
- Persiapkan diri dengan sebaik
mungkin, jaga kesehatan kalian baik
kesehatan fisik maupun kesehatan uang jajan upss hehehehe maksudnya selain
fisik kalian juga harus siap kuota internet agar tidak ada kendala teknis
kehabisan kuota apalagi sampai kehabisan rasa cinta dan sayang sehingga
kalian ditinggalkan (lho?) hahahaha.... intinya persiapkan diri kalian
sebaik mungkin, mulai dari seragam, kuota dan listrik.
Jadi,
teman-teman itu saja pembahasan persiapan ujian besok. Selamat mempersiapkan
diri, silakan berdiskusi bersama di grup kelas kalian atau bahkan bikin grup online diskusi menggunakan kelas online yang ada. Jika ada yang ingin
ditanyakan atau belum jelas, silakan japri ke saya bisa menggunakan aplikasi
LINE atau DM Instagram asal jangan pakai aplikasi Gojek atau Grab dijamin ga
akan bisa hehehehe. Tetep jaga kesehatan, tetep semangat karena kalo kalian
semangat maka si dia yang diam-diam mengagumimu akan ikut bersemangat (eh?)
hehehehe.. GBU all & Deus Providebit.
Bekasi,
malam minggu yang syahdu Mei 2020
@ant_gindo
Komentar
Posting Komentar